News

Mengapa Laptop Butuh RAM Besar? Ini Lho Pengaruhnya

 Sabtu, 14 Mei 2022

images.unsplash.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

www.informasibali.com, Nasional

Pengaruh ram besar pada laptop memberikan efek jangka panjang terhadap penggunaanya. Selain berkaitan dengan sistem kerja pada prosesor, hal ini juga berkaitan pada penyimpanan file yang diperlukan. Bagi pekerja kantoran ataupun seorang freelancer, memiliki kapasitas laptop dengan ruang simpan yang besar menjadi sebuah keharusan.

Pengertian ram sendiri merupakan sebuah memori yang terdapat pada hardware perangkat seperti komputer, laptop, maupun smartphone. Kapasitas penyimpanannya pun beragam. Pada era serba digital saat ini banyak perusahaan gadget mulai memberikan penawaran RAM dalam jumlah besar, yaitu mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB.

Fungsi ram pada laptop selain sebagai media penyimpanan, juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kerja pada prosesor laptop. Anda juga bisa melakukan pekerjaan dengan cepat sebab memiliki RAM dalam jumlah besar.

Pengaruh RAM pada Laptop yang Perlu Diketahui  

Mengetahui peran penting RAM pada perangkat gadget. Anda harus memahami pengaruhnya terhadap laptop terlebih dahulu. Beberapa efektivitas dari pemberian RAM dalam jumlah besar dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

1. Membuat Sistem Bekerja Lebih Halus

Ketika Anda melakukan pekerjaan, sering kali perlu membuka beberapa jendela dalam waktu bersamaan. Bahkan, pada kasus yang sama hal ini dapat menjadi penyebab laptop mengalami kelelahan dan akhirnya rusak.  Padahal Anda dapat mengatasinya dengan melakukan upgrade RAM pada laptop ataupun PC Anda. Hal ini nantinya akan memberikan keuntungan sebab berfungsi menghaluskan proses sistem. Sehingga, ketika digunakan untuk bekerja, PC menjadi lebih multitasking dan Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kelemotan seperti sebelumnya.

2. Memberikan Pengalaman Web Surfing Lebih Cepat

Tidak bisa dipungkiri, besarnya memori sangat berpengaruh terhadap kenyamanan surfing. Sebab, jika Anda adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk berselancar internet. Maka pilihan melakukan upgrade RAM merupakan hal yang tepat. Sebab, Anda bisa mendapatkan hasil pencarian dengan tampilan yang sangat cepat.

3. Meningkatkan Penyerapan Jaringan

Pengaruh ram besar pada laptop salah satunya terdapat pada penyerapan jaringan. Server pada PC setiap orang akan meningkat seiring upgrade RAM yang dilakukan. Hal ini juga menjadi pilihan penting dan efisien untuk memudahkan Anda dalam menyerap jaringan sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan.

4. Membentuk Performa Multimedia Lebih Optimal

Bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia grafis seperti multimedia tentunya pengaruh ram pada kinerja laptop sangat besar untuk mengembangkan kemampuan komputasinya. Sebab, flash dan ROM mengambil banyak penyimpanan.

Sangat disarankan untuk mengambil penyimpanan dalam jumlah besar seperti 256 atau 512. Pasalnya, semakin besar tingkat penyimpanan akan memberi pengaruh lebih baik terhadap kinerja dan hasil yang didapatkan.  

5. Dapat Menampung Game dalam Kapasitas Besar

Saat ini, jenis game yang banyak diperbincangkan adalah game 3D. Untuk dapat memilikinya, tentu Anda membutuhkan kapasitas besar agar memainkannya bisa dilakukan dengan mudah dan tidak khawatir terjadi lag.  Selain itu, RAM juga dapat mendukung resolusi tinggi serta kekuatan dalam rendering 3D. Anda juga bisa melakukan realisme yang memuaskan dengan fleksibilitas karakter tekstur. Dengan penggunaan RAM tinggi, Anda bisa menikmati berbagai macam aplikasi dengan resolusi terbaik.  

6. Meningkatkan Kecepatan dalam Percetakan

Memiliki laptop ataupun PC dengan RAM dalam kapasitas besar, akan memudahkan Anda dalam mencetaknya. Terutama jika resolusi file cukup besar seperti dokumen foto, clip art, maupun grafik.  Mengupgrade memori menjadi lebih tinggi, akan membantu Anda dapat peningkatan kinerja. Hal ini tentu memberikan dampak besar terhadap produktivitas. Sebab, fasilitas yang mendukung sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap hasil kerja seseorang.  

7. Mampu Melakukan Video Editing dengan Efisien

Proses editing merupakan kegiatan yang banyak menghabiskan RAM dan membutuhkan kecepatan dalam melakukannya. Sebab, selain berkejaran dengan inspirasi, laptop ataupun PC harus memiliki fasilitas yang mendukung agar hasil yang didapat maksimal.

Apalagi jika video editing yang biasa dikerjakan sering mengalami bug. Permasalahan penyimpanan dalam jumlah besar, tidak lagi disalahkan. Pasalnya, Anda sudah mulai membutuhkan jenis prosesor cepat dan RAM dalam jumlah besar.  

Pada pekerjaan sebagai seorang video editor. Anda bisa menggunakan software seperti iMovie dan Adobe Premiere yang umumnya memakan banyak data. Anda membutuhkan minimum 64GB ruang penyimpanan. Namun, jika memilih SSD dengan kapasitas jauh lebih besar akan semakin baik.

Rekomendasi Laptop RAM 8GB dari Blibli

Melakukan pekerjaan lebih cepat dan mudah, tentu membutuhkan fasilitas pendukung. Melihat teknologi saat ini berkembang sangat cepat, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir keseluruhan anak muda.  

Pasalnya hampir keseluruhan aktivitas dilakukan secara daring. Terlebih selama PPKM di masa pandemi beberapa tahun terakhir. Hal ini mengharuskan Anda memahami pentingnya memiliki laptop RAM besar dalam menunjang karir.  

Ada banyak rekomendasi Laptop RAM 8Gb yang dapat Anda beli melalui e-commerce terpercaya Blibli. Harga dari produk yang ditawarkan sangat beragam, Anda bisa menyesuaikan berdasarkan kebutuhan saat ini.  

Jenis laptop yang banyak diminati berasal dari Lenovo ideapad D330 dan Lenovo V14-ADA dengan harga Rp5 jutaan saja. Selain itu, juga terdapat produk Microsoft Surface dengan RAM 8Gb dilengkapi prosesor besar yaitu i3-i7.  

Berbagai jenis laptop ini bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi Blibli. Mulai dari Lenovo Yoga, Thinkpad X1, Ideapad Slim 3 hingga produk dari Xiaomi Resmi Book 15 dan Microsoft Surface. Ada berbagai promo, diskon, hingga voucher membuat marketplace satu ini menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam berbelanja.

Blibli juga sering menawarkan program gratis ongkir. Sehingga, pengguna dimanjakan dengan perbelanjaan tanpa membayar ongkos kirim. Hal ini juga dapat menjadi pilihan mudah dan murah bagi Anda yang akan berbelanja laptop dengan kapasitas RAM besar melalui Blibli. Pastikan pengaruh ram besar pada laptop sesuai dengan kebutuhan kinerja. Dan jangan lupa untuk melakukan pembelian hanya melalui Blibli.com



TAGS :