Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

5 Tips Membersihkan Area Intim Perempuan dengan Tisu Pembersih Kewanitaan

informasibali.com/ist /suara.com/5 Tips Membersihkan Area Intim Perempuan dengan Tisu Pembersih Kewanitaan

Membersihkan area intim perempuan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, terutama saat menggunakan tisu pembersih kewanitaan. Produk feminine wipes semakin populer digunakan perempuan untuk membersihkan area vagina dari risiko infeksi jamur dan masalah kesehatan lainnya. Namun, apakah penggunaan produk-produk tersebut benar-benar aman?

Melansir Hello Sehat, ini 5 hal yang wajib diperhatikan saat membersihkan area intim dengan tisu pembersih kewanitaan:

1. Perhatikan risiko alergi

Tisu bayi yang bebas alkohol mungkin aman dan cukup lembut untuk membersihkan daerah intim Anda. Namun, penggunaan tisu tersebut kurang tepat bila digunakan untuk membersihkan vagina.

Walaupun dibuat khusus untuk menjaga kebersihan vagina, sebagian besar tisu kemasan, termasuk tisu ini, mengandung bahan kimia, misalnya seperti bahan pengawet dan pewangi. Ini bisa menyebabkan reaksi alergi.

2. Ketahui risiko efek samping

dr. Alyssa Dweck, seorang asisten profesor ginekologi di Mt. Sinai School of Medicine mengatakan bahwa penggunaan produk kebersihan ekstra higienis untuk vagina justru berisiko berfungsi sebaliknya.

Bahan-bahan kimia yang terkandung bisa mengganggu keseimbangan bakteri normal dan sehat pada vagina. Ini bisa membuat vagina menjadi lebih rentan terhadap infeksi, keputihan, dan bau tidak sedap.

3. Catat bahan kimia yang terkandung

Tisu pembersih kewanitaan bisa mengandung bahan kimia yang berfungsi sebagai pewangi dan pengawet.

Banyak orang yang sensitif terhadap bahan-bahan ini, sehingga menimbulkan reaksi alergi. Bahan-bahan pengawet yang digunakan adalah paraben, formaldehid, phthalate, dan masih banyak lagi.

4. Perhatikan label kemasan

Perhatikan label kemasan dan bahan-bahan yang terkandung pada kemasan dengan teliti. Bila mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi, sebaiknya memang dihindari.

5. Sebaiknya gunakan air saja

Pakar sepakat bahwa membersihkan area intim dengan air adalah cara paling aman. Air bisa membersihkan dan membilas semua kotoran yang dikeluarkan dari vagina tanpa mengubah pH dan menyebabkan iritasi. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk kepada dokter sebelum menggunakan suatu produk pembersih vagina.

Kemudian, yang lebih penting adalah bagaimana membersihkan vagina Anda. Jangan menggosok daerah intim Anda dengan terlalu keras. Ini bisa menyebabkan lecet, apalagi bila kuku Anda panjang.(sumber: suara.com) Baca juga: Wanita Lebih Berisiko Kena Serangan Jantung Akibat Stres Pekerjaan


TAGS :

Komentar