Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Sanjaya Bagikan 500 Paket Ikan/Olahan Ikan

informasibali.com/ist/Bupati Sanjaya Bagikan 500 Paket Ikan/Olahan Ikan

Dalam rangka  meningkatkan gizi serta derajat kesehatan masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan kementrian Kelautan dan Perikanan RI bersama mitra kerja Komisi IV DPR RI, menyelenggarakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan memberikan bantuan ikan/olahan ikan di Kabupaten Tabanan.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, bantuan Paket Gemarikan sebanyak 500 Paket diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan, kepada beberapa perwakilan masyarakat di sepuluh kecamatan di Kabupaten Tabanan, Kamis (29/4) pagi.

Bantuan ikan komsumsi kali ini merupakan potensi yang dimiliki Kabupaten Tabanan yang berupa ikan tongkol, baby tuna, nugget ikan patin dan abon ikan. Dimana target perluasan gemarikan saat ini adalah Balita untuk menanggulangi gizi buruk dan stunting, serta Ibu Hamil yang mengalami kekurangan kalori.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota Komisi IV DPR-RI I Made Urip, Sekretaris Ditjen Penguatan Daya saing produk kelautan dan perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Berny A. Subki, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, beserta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, dan nampak juga salah satu anggota DPRD Kabupaten Tabanan.

Bupati Sanjaya dalam sambutannya saat itu mengucapkan terimakasih kepada Komisi IV DPR-RI serta Dirjen  penguatan  daya saing produk kelautan dan perikanan kementrian kelautan  dan perikanan RI, yang telah memilih Kabupaten Tabanan sebagai lokasi perluasan safari gemarikan. Terlebih dimasa pandemic covid19 saat ini, masyarakat perlu nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatannya.

“Kabupaten Tabanan saat ini fokus membangun Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, dimana salah satu dimensi penting adalah membangun masyarakat Tabanan yang unggul, baik unggul dalam karya, unggul dalam pemikiran, maupun unggul dalam kesehatan. Untuk mewujudkan hal tersebut, masyarakat perlu nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatannya,” ujar Sanjaya.

Politisi asal Dauh Pala, Tabanan itu juga mengatakan ikan memiliki nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga dengan bantuan ikan ini dapat membantu Pemkab Tabanan membangun masyarakat Tabanan yang unggul.

“Semoga perluasan gemarikan di Kabupaten Tabanan dapat terlaksana dengan baik dan benar-benar tepat sasaran, untuk membangun masyarakat menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Ayo Gemar makan ikan agar kita sehat, kuat dan cerdas,” ajak Sanjaya.

Sementara I Made Urip menambahkan, gemarikan ini di laksanakan dengan tujuan memberikan asupan terutama kepada  anak-anak yang mengalami stunting yang kekurangan gizi dan dalam meningkatkan kecerdasan anak-anak karena ikan memiliki protein dan gizi yang luar  biasa. Juga bertujuan membangkitkan UMKM agar mampu mengolah dan memasarkan hasil ikan dengan kualitas yang baik dengan bahan baku potensi lokalnya.

“Dengan di berikan bantuan 500 Paket ikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Tabanan, serta semakin di gali kembali potensi laut yang ada di kabupaten Tabanan untuk mencerdaskan anak-anak yang ada di Tabanan,” ungkapnya.

Sekretaris Ditjen penguatan daya saing  produk kelautan dan perikanan Berny A. Subki mengatakan dalam rangka mendukung program prioritas penanganan stunting, KKP melalui program gemarikan juga melakukan interrvensi sensitive melalui kegiatan safari gemarikan untuk menigkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi pertumbuhan dan kecerdasan.

“Kami dari KKP bersama mitra kerja menyampaikan bantuan 500 paket ikan yang di ambil dari pelaku UMKM setempat. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi kedepan bagi masyarakat Tabanan untuk terus mengkonsumsi ikan, khususnya ketika masih menghadapi pandemi Covid-19,” imbuh Subki. Baca juga: Bersama Yayasan Bina Ilmu Korea Selatan K3S Denpasar Serahkan Kursi Roda dan Sembako


TAGS :

Komentar