Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

7 Tips Menjaga Imunitas Selama Berpuasa Ramadan

informasibali.com/ist/suara.com/7 Tips Menjaga Imunitas Selama Berpuasa Ramadan

Menjaga daya tahan tubuh selama puasa menjadi sangat penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terkena penyakit atau virus saat menjalani ibadah.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum juga berakhir. Daya tahan tubuh harus perkuat agar Anda tidak mudah terpapar virus penyebab sakit Covid-19.

Ingat untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman yang berkualitas, hindari makanan tinggi lemak saat berbuka puasa dan kurangi konsumsi gula. Perbanyak ibadah dan doa untuk menjaga kondisi mental, serta tetap rutin berolahraga. Dan jangan lupa, perbanyak istirahat.

Dan jika tiba gilirannya, lakukan vaksinasi Covid-19, karena vaksinasi dengan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa.

Dilansir dari akun Instagram @lawancovid19_id, berikut 7 tips menjaga imun selama puasa Ramadan:

1. Menjaga asupan yang berkualitas

Menjaga asupan yang berkualitas bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein. Batasi juga makanan tinggi lemak dan kurangi konsumsi gula saat berbuka puasa.

2. Berolahraga

Berolahraga bisa dilakukan setelah sahur, sebelum berbuka, atau 1-2 jam setelah berbuka puasa. Cukup jalan santai selama beberapa saat, jangan sampai membuat tenaga terkuras habis ya!

3. Tingkatkan asupan cairan

Tingkatkan asupan cairan hingga 1,5-2 kali lipat dibanding hari biasa saat sahur dan berpuka, serta di waktu malam.

4. Perbanyak istirahat

Bulan puasa bukan jadi halangan untuk beraktivitas. Tetap jalani aktivitas seperti biasa, tapi ingat dengan kebutuhan istirahat ya!

5. Tunda puasa jika berada dalam keadaan sakit berat

Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Muslim yang sudah mampu. Tapi ingat, jika Anda dalam keadaan sakit, baiknya pertimbangkan untuk menunda puasa hingga tubuh kembali bugar dan siap berpuasa.

6. Jaga kondisi mental dan psikologis dengan banyak beribadah dan doa

Puasa di bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk mengais amal baik. Anda bisa menjaga kondisi kesehatan mental dan psikologis dengan banyak beribadan dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

7. Tetap disiplin dalam menjalani protokol kesehatan

Penting untung diingat untuk selalu disiplin dan tetap menerapkan protokol kesehatan di mana pun, kapan pun guna mencegah terppat virus corona penyebab sakit Covid-19.(sumber: suara.com) Baca juga: 5 Buah-buahan Sehat Untuk Menu Buka Puasa, Bisa Tangkal Penyakit!


TAGS :

Komentar