Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

5 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami

informasibali.com/ist/suara.com

Bruntusan selalu jadi masalah banyak orang, yang dianggap mengurangi penampilan wajah secara umum. Maka dari itu simak 5 cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami berikut ini.

Bruntusan bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari adanya alergi, paparan bahan kimia, proses dari suatu pengobatan, hingga polusi udara dan cuaca yang tengah tidak menentu.

Sebenarnya cara menghilangkan bruntusan sendiri tidak terlalu sulit, dan bisa menggunakan berbagai bahan alami. Namun tidak sedikit juga yang justru memilih perawatan mahal di pusat atau klinik kecantikan.

Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan yang cukup sederhana. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Campuran Lemon dan Putih Telur

Cara menghilangkan bruntusan yang pertama adalah dengan menggunakan campuran dari lemon dan putih telur. Cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan keduanya dengan takaran yang seimbang.

Kemudian setelah tercampur, oleskan campuran tersebut pada bagian wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah selesai, bilas sampai bersih untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sebagai catatan, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan untuk mencoba hal ini karena lemon sendiri termasuk memiliki sifat yang asam dan justru dapat memicu iritasi.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sendiri termasuk salah satu bahan alami yang sangat bersahabat dengan kondisi kulit wajah. Sensasi dingin yang ditimbulkan ketika dioleskan ke bagian wajah memberikan rasa nyaman, sehingga gatal yang disebabkan bruntusan bisa berkurang.

Caranya, anda tinggal mengupas lidah buaya yang sudah disiapkan, lalu mengoleskannya pada bagian wajah yang bruntusan. Bilas dengan bersih sesudah menggunakannya. Lebih direkomendasikan untuk menggunakan gel lidah buaya yang telah diolah sebelumnya, yang bisa didapatkan di toko atau apotek terdekat.

3. Madu

Bahan alami lain yang bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan adalah madu. Khasiatnya juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit yang kusam serta jerawat yang terus menerus muncul.

Anda tinggal mengoleskan madu murni secukupnya pada area yang mengalami bruntusan, dan biarkan mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai benar-benar tak ada lagi sisa madu yang menempel.

Pastikan penggunaan madu murni dengan sesedikit mungkin campuran bahan lain, dan terlebih dahulu bersihkan bagian wajah dengan sabun cuci muka yang Anda miliki.

4. Masker Tomat

Buah tomat juga bisa dijadikan alternatif lain untuk membantu menghilangkan bruntusan. Selain memiliki nutrisi yang kaya, buah ini juga banyak dimanfaatkan untuk membantu merawat kulit bagian wajah.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menghaluskan buah tomat dengan diblender, kemudian memakainya sebagai masker.

Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih. Sensasinya akan secara langsung terasa, tepat setelah Anda membilasnya.

5. Jaga Asupan Zinc

Masih masuk ke dalam cara menghilangkan bruntusan, cara ini juga cocok untuk mencegah terjadinya bruntusan.

Asupan Zinc yang cukup setiap hari akan jadi cara yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi gangguan pada kulit wajah tersebut. Sumber Zinc yang mudah didapatkan adalah kacang-kacangan, telur, dan berbagai makanan lainnya.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda sebelum mencobanya, untuk meminimalisir resiko buruk yang mungkin terjadi.

Cara menghilangkan bruntusan sebenarnya tidak melulu harus mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit. Dengan bahan alami di atas, Anda bisa menghilangkan bruntusan dengan cepat dan alami.(sumber: suara.com) Baca juga: Balita yang Keseringan Pakai Layar Sentuh Lebih Berisiko Kesulitan Fokus


TAGS :

Komentar