Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaga Ketajaman dan Kesehatan Mata? Coba Lakukan 4 Tips Ini

informasibali.com/ist/suara.com

Ketajaman penglihatan memang bisa dibantu dengan kacamata atau lensa kontak. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi menjaga ketajaman penglihatan Anda.

Melansir dari Insider, berikut beberapa cara alami untuk menjaga ketajaman dan kesehatan mata, antara lain:


1. Cukupi kebutuhan vitamin A

Vitamin A memang dikenal baik untuk kesehatan mata. 

"Sebagian besar dari kita pernah mendengar bahwa wortel baik untuk mata kita. Alasan utamanya adalah wortel mengandung vitamin A yang tinggi," kata Sunir J. Garg, MD, seorang dokter mata dan profesor oftalmologi di Universitas Thomas Jefferson.

"Mendapatkan cukup vitamin A sangat penting untuk penglihatan Anda karena membantu retina berkomunikasi dengan otak Anda," kata Garg.

Selain wortel beberapa makanan yang kaya vitamin A adalah ubi jalar, labu, keju cottage, dan telur.

2. Berhenti merokok

Asap rokok buruk bagi setiap bagian tubuh termasuk mata. Faktanya, merokok dapat merusak retina dan menyebabkan degenerasi makula yang dapat membuat penglihatan kabur.

"Kami tahu bahwa merokok adalah faktor risiko utama yang dapat dimodifikasi untuk degenerasi makula," kata Garg.

3. Kenakan kacamata hitam

Saat Anda keluar rumah di bawah sinar matahari tanpa kacamata hitam, mata Anda bisa terkena sinar ultraviolet (UV) tingkat tinggi. Ini dapat merusak kornea yang merupakan lapisan jaringan bening di atas pupil.

"Paparan sinar matahari yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang mengembangkan kanker kulit di kulit halus di sekitar mata dan permukaan mata," kata Garg.

4. Ikuti metode 20-20-20

Melihat layar gawai dalam waktu lama dapat membuat mata Anda lelah. Dalam hal ini, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan metode yang disebut aturan 20-20-20 setiap kali Anda mantengin layar.

Metode ini menganjurkan untuk istirahat setiap 20 menit. Selama istrahat alihkan pandangan pada sebuah objek dengan jarak setidaknya 20 kaki (6 meter) dari Anda. 

Fokus pada objek tersebut setidaknya selama 20 detik sebelum kembali menatap layar.(sumber: suara.com)Baca juga: Vaksin Covid-19 Didistribusikan, Kota Denpasar Dijatah 24.280 Vial


TAGS :

Komentar