Pasar Rakyat Gianyar Diresmikan - Informasibali.com

News

Pasar Rakyat Gianyar Diresmikan

Minggu, 19 Desember 2021 | 09:10 WITA
Pasar Rakyat Gianyar Diresmikan

informasibali.com/ist /Pasar Rakyat Gianyar Diresmikan

Informasibali.com, Gianyar.
Setelah dirampungkannya pembangunan pasar rakyat kebanggaan masyarakat Kabupaten Gianyar yang digadang-gadang sebagai pasar rakyat termegah di Indonesia akhirnya diresmikan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Sabtu (18/12). Peresmian Pasar Rakyat Gianyar juga dirangkai dengan peresmian kantor MDA Kabupaten Gianyar, Gedung Ayodya RSUD Sanjiwani serta pengukuhan Sekar Pucuk Bang sebagai maskot kota Gianyar.
Dibawah kepemimpinan I Made Mahayastra, Gianyar terus berbenah, berbagai pembangunan dan terobosan terus dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperindah wajah Kota Gianyar. Bahkan Bupati Mahayastra berani membangun pasar tradisional dengan anggaran mencapai 250 miliar.
“Ini adalah pasar rakyat atau pasar umum atau pasar tradisional termegah di Bali bahkan di Indonesia jarang ada kepala daerah yang berani membangun pasar dengan anggaran 250 miliar karena secara hitung-hitungan dia tidak akan menghasilkan apa-apa, secara hitung-hitungan dia tidak akan menambah PAD, namun  disini ada ribuan rakyat kecil yang mencari penghidupan yang harus kita prioritaskan itulah yang dinamakan ideologi marhaenisme," ujar Bupati Mahayastra.
Pasar Umum Gianyar dibangun pertama kali pada tahun 1771 dan direnovasi pada tahun 1994 telah menjadi ikon Kabupaten Gianyar yang sudah dikenal luas, baik di dalam maupun di luar negeri.
Memperhatikan bangunan pasar yang sudah tua, dan kondisi bangunan sudah tidak layak, sehingga menyebabkan daya saing Pasar Umum Gianyar menjadi lemah. Maka Pemerintah Kabupaten Gianyar mengambil kebijakan untuk merevitalisasi Pasar Umum Gianyar. Dengan dilakukannya revitalisasi diharapkan Pasar umum Gianyar dapat memulihkan citra Pasar Umum dari kesan kotor, semrawut, bau, dan gersang menjadi Pasar Rakyat yang modern, bersih, tertib, nyaman, dan sejuk, serta lebih berdaya saing, selaras dengan tumbuh berkembangnya pasar modern. Terlebih lagi bisa menjadi ikon baru dan destinasi wisata belanja di Kota Gianyar.
Setelah dilakukan revitalisasi, Pasar Gianyar mampu menampung 1643 Unit pedagang di Los, Kios sebanyak 95 Unit, dan Toko sebanyak 143 unit. Bupati Mahayastra menekankan dalam pengundian nanti akan berlaku seadil-adilnya kepada seluruh pedagang.
“Hari ini diresmikan, awal Januari sudah ada pengundian terkait dengan tempat jualan Pasar Rakyat Gianyar ini. Para pedagang  jangan khawatir kita akan berlaku seadil-adilnya saat pengundian nanti," pungkas Bupati Mahayastra.

Halaman :

TAGS : Berita Bali Informasi Bali Terkini Bali Informasi Informasi Bali Hari Ini Info Bali Informasi Bali


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

BALI TRENDING

BERITA BALI TV