Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Disiplin Prokes dan Rajin Makan Buah untuk Cegah Covid-19

informasibali.com/ist

Dalam pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 masyarakat diharapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta memperkuat imunitas tubuh dengan asupan makanan yang diyakini bisa mencegah Covid-19 salah satunya buah anggur.

Baca juga: Wagub Cok Ace Optimistis Bali Terdepan Kembangkan Industri Kreatif

Beberapa ibu rumah tangga di Denpasar mengaku, dalam pandemi Covid-19 ini,  mereka telah mendapatkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes)  di tempat tinggal mereka oleh Satgas Covid-19 desa adat maupun tokoh masyarakat lainnya.

Secara umum, apa yang disampaikan dalam sosialisasi untuk disiplin  3M yakni memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak dari kerumunnan, telah mereka terapkan.

Baca juga: Bisnis Kargo di Bali Tak Terusik Saat Pandemi, Siasati dengan Layanan Baru

"Setelah beberapa kali ikut sosialisasi protokol kesehatan, semakin sadar pentingnya 3M saat pandemi Covid-19," ujar Zainia, warga Jalan Gatot Subroto, Denpasar, Kamis (8/10/2020).

Hal itu juga ditekankan kepada keluargannya maupun kerabat lainnnya, sehingga ketika mereka keluar dari rumah sudah menjalankan Prokes seperti memakai masker.

Ditambahannya, selain melaksanakan  Prokes, Zainia juga mengaku terus berupaya menjaga imun tubuh yang menjadi salah satu kunci untuk mencegah penularan virus COVID-19. 

Dia mengaku rutin mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin tingg dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Salah satunya buah anggur.

Anggur menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Ada beberaa jenis anggur yang mudah ditemui di pasar, seperti anggur merah dan anggur hitam.

Baca juga: Wisman ke Bali pada Agustus 2020 Hanya 22 Kunjungan

Dilansir dari Heatlhline, anggur memiliki antioksidan, antiinflamasi antibakteri, dan antivirus yang tinggi dan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian dari International Journal of Food Properties, senyawa antioksidan anggur hampir 10 kali lebih besar dibandingkan tomat, pisang, pepaya, dan mangga.

Imun tubuh yang lemah rentan terinfeksi virus korona. Anggur memiliki kandungan resveratrol yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Zainia selaku ibu rumah tangga pengkonsumsi buah anggur ini, mempercayai dan rutin mengonsumsi buah kaya antioksidan ini, 

“Saya sedia buah anggur karena juga  buah ini mampu untuk menambah vitamin terutama anak-anak saya yang suka bermain di luar. Jadi saya sedia buah anggur untuk asupan tambahan vitamin keluarga saya. 

Baca juga: 20 Tahun di Industri Teknologi, Biznet Kini Merambah ke Industri Kesehatan

Apalagi suaminya, bekerja seharian di rumah. Jadi, saya sediakan buah ini salah satunya.

"Ini untuk asupan tambahan untuk peningkatan daya tahan tubuh anda untuk meminimalisir kemungkinan penularan virus korona," imbuhnya.

Hal sama disampaikan Erlinda, ibu empat anak yang tinggal di Sading, Mengwi Badung yang rutin mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kebugaran meningkatkan imun tubuh.

"Soal disipilin 3M, kami sekeluarga sudah menerapkan sejak pandemi Covid-19, anak-anak juga jarang keluar rumah sehingga memudahkan pengawasan," ucap perempuan asal Aceh ini.

Baca juga: Liburan di Bali Tetap Aman dengan Protokol Kesehatan

Jika harus keluar rumah, tidak lupa memakai masker begitupun cuci tangan setelah beraktivitas. 

Dia mengaku selalu menyiapkan stok masker yang cukup, untuk keluarga besarnya, karena kebetulan kerap mendapatkan pembagian masker dari tempat suaminya bekerja maupun saat sosialisasi Prokes di komplek perumahan maupun di banjar di tempat tinggalnya. (mat)


TAGS :

Komentar